Sekilas Tentang Jati Karya Buana

on Sabtu, 21 Maret 2009

CV. Jati Karya Buana merupakan metamorphosis dan pengejawantahan bentuk dari sebuah ide mahasiswa Matematika ITS Surabaya sebelumnya telah aktif dalam laboratorium Komputasi Jurusan Matematika ITS. Pada saat itu, ide yang terlontar hanya sebatas pembentukan komunitas, awalnya bernama PoroGapIT, yang menggenggam semangat kreatifitas dan idealisme kaum muda untuk lebih mampu guna dan berdaya guna bagi bangsa dan negara. Semangat ini kemudian diwujudkan dengan mencoba mengikuti Lomba Program Kreatifitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti. Saat itu ada rancangan sistem yang dibuat dengan judul Sistem Informasi Geografis Jalur Transportasi Kota Surabaya untuk diikut sertakan dalam lomba tersebut. Rancangan sistem ini ternyata berhasil mewakili ITS dan menjadi salah satu finalis PIMNAS XVI (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XVI) pada kategori PKMM (Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat) yang digelar di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo.

Berbekal hasil PIMNAS tersebut, komunitas ini mencoba untuk lebih mengembangkan kemampuan dengan terjun langsung dalam proyek pembuatan dan pengembangan dipercayakan kepada Lembaga Penelitian (LEMLIT) ITS dari Instansi Pemerintah kota Surabaya , seperti misalnya Sistem Informasi Geografis Distribusi Jaringan Pipa PDAM Kota Surabaya.

Seiring dengan perkembangannya, komunitas ini kemudian berusaha untuk terus mencoba menggali potensi dengan mempelajari bidang-bidang baru yang disertai pula dengan merintis jaringan baru untuk wilayah Jabotabek. Hingga kemudian terjalinlah suatu bentuk kerjasama yang membentuk suatu perpaduan Alumnus Institut Teknologi Surabaya dan Alumnus STT Bina Tunggal, Bekasi. Perpaduan inilah yang kemudian diberi nama Jati Karya Buana.

Dalam perjalanan untuk merealisasikan beberapa kegiatannya, komunitas Jati Karya Buana, mengalami benturan karena saat itu belum mempunyai dasar legalitas formal. Sehingga akhirnya diputuskan untuk mentransformasikan bentuk komunitas ini menjadi suatu Badan Usaha Legal dalam koridor sebuah Persekutuan Komanditer (CV). Setelah melalui tahapan-tahapan birokrasi yang panjang dan berliku akhirnya pada tanggal 23 Maret 2009, terbentuklah suatu badan hukum yang resmi diberi nama CV. Jati Karya Buana dan beralamat di Jalan Lele 4 no. 360 Perumnas II, Bekasi, Jawa-Barat.

CV. Jati Karya Buana, pada awalnya perjalanannya memang masih mencoba mempertahankan Core Business yang telah berjalan yaitu sebagai Software Developer (Pengembangan Perangkat Lunak). Akan tetapi karen melihat kenyataan bahwa permintaan akan produk Layanan Jasa Konsultan Perangkat yang diterima, maka pengelola CV. Jati Karya Buana memutuskan untuk mencoba fokus pada Bidang Layanan Jasa Konstruksi Mekanikal/Elektrikal (jasa instalasi gedung dan pembuatan panel, termasuk pemrograman dan instalasi PLC). Selain itu, bidang lain yang sedang diolah Bidang pengembangan proses Pengolahan Limbah Rumah Tangga dan Kantor (lebih terfokus pada Pengolahan dan Pembuatan Produk Kertas Daur Ulang) dan General Trading (distributor pengadaan Handycraft dan Souvenir)

0 komentar:

Posting Komentar